Rabu, 31 Maret 2010

SERTIFIKASI GURU PURWAKARTA

INSTRUMEN
SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Penilaian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Oleh Penilai (Asesor)

IDENTITAS PESERTA

1. Nama (lengkap dengan gelar akademik):..............................................
2. NUPTK: .....................................
3. Nomor Peserta: ..............................
4. NIP/NIK : ............................................
5. Pangkat/Golongan : .............................
6. Jenis Kelamin L/P : ..........................................
7. Tempat, Tgl lahir : ................................................
8. Pendidikan Terakhir S1
9. Akta Mengajar Memiliki/Tidak Memiliki *)
10. Sekolah Tempat Tugas
a. Nama Sekolah SMK YPB SUKATANI
b. Alamat Sekolah Jl. Raya Sukatani KM 10
SUKATANI – PURWAKARTA 41167
c. Kecamatan SUKATANI
d. Kabupaten PURWAKARTA
e. Provinsi JAWA BARAT
f. No. Telp. Sekolah 0264 271481
g. Alamat e-mail smkypb@yahoo.com

h. Nomor Statistik Sekolah 324022011007
11. Mata Pelajaran / Guru Kelas Teknik Pemesinan
12. Beban Mengajar Per Minggu 40 jam




LEMBAR PENILAIAN


Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik

No. Aspek yang dinilai Skor
1. Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar) 1 2 3 4 5
2. Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik) 1 2 3 4 5
3. Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu) 1 2 3 4 5
4. Pemilihan sumber/media pemblajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik) 1 2 3 4 5
5. Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran : awal, inti, dan penutup) 1 2 3 4 5
6. Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap) 1 2 3 4 5
7. Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran 1 2 3 4 5
8. Kekengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran) 1 2 3 4 5
Skor Total .......

........................, .................
Penilai,




(....................................)
NIP/NIK







INSTRUMEN
SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
Oleh
Kepala Sekolah dan Pengawas

IDENTITAS PESERTA

1. Nama (lengkap dengan gelar akademik) : ..................................................
2. NUPTK: ..................................................
3. Nomor Peserta: ...............................................
4. NIP/NIK : .....................................
5. Pangkat/Golongan : .......................................
6. Jenis Kelamin L/P
7. Tempat, Tgl lahir : ...................................
8. Pendidikan Terakhir S1
9. Akta Mengajar Memiliki/Tidak Memiliki *)
10. Sekolah Tempat Tugas
a. Nama Sekolah SMK YPB SUKATANI
b. Alamat Sekolah Jl. Raya Sukatani KM 10
SUKATANI – PURWAKARTA 41167
c. Kecamatan SUKATANI
d. Kabupaten PURWAKARTA
e. Provinsi JAWA BARAT
f. No. Telp. Sekolah 0264 271481
g. Alamat e-mail smkypb@yahoo.com

h. Nomor Statistik Sekolah 324022011007
11. Mata Pelajaran / Guru Kelas Teknik Pemesinan
12. Beban Mengajar Per Minggu 40 jam

LEMBAR PENILAIAN


Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik

No. Aspek yang dinilai Skor

I PRAPEMBELAJARAN
1. Memeriksa kesiapan siswa 1 2 3 4 5
2. Melakukan kegiatan apersepsi 1 2 3 4 5

II. KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
A. Penguasaan materi pelajaran
3. Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran 1 2 3 4 5
4. Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan 1 2 3 4 5
5. Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa 1 2 3 4 5
6. Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan 1 2 3 4 5

B. Pendekatan/strategi pembelajaran
7. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai karakteristik siswa 1 2 3 4 5
8. Melaksanakan pembelajaran secara runtut 1 2 3 4 5
9. Menguasai kelas 1 2 3 4 5
10. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual 1 2 3 4 5
11. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif 1 2 3 4 5
12. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan 1 2 3 4 5

C. Pemanfaatan sumber belajar / media pembelajaran
13 Menggunakan media secara efektif dan efesien 1 2 3 4 5
14 Menghasilkan pesan yang menarik 1 2 3 4 5
15 Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media 1 2 3 4 5

D. Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
16 Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran 1 2 3 4 5
17 Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa 1 2 3 4 5
18 Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar 1 2 3 4 5

E. Penilaian proses dan hasil belajar
19 Memantau kemajuan belajar selama proses 1 2 3 4 5
20 Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan) 1 2 3 4 5
F. Penggunaan bahasa
21 Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar 1 2 3 4 5
22 Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai 1 2 3 4 5
III. PENUTUP
23 Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa 1 2 3 4 5
24 Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan 1 2 3 4 5
Total Skor




Penilai,





Drs. NANAN NAZMUL M
NIP/NIK 131 106 930 Purwakarta, 31 Mei 2008
Penilai,




Drs. BAMBANG SISWANDONO
NIP/NIK 131 862 194

INSTRUMEN
SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Penilaian dari Atasan dan Pengawas


IDENTITAS PESERTA

1. Nama (lengkap dengan gelar akademik) : ................................
2. NUPTK: .....................................
3. Nomor Peserta: ...........................................
4. NIP/NIK : ..............................................
5. Pangkat/Golongan : ..................................
6. Jenis Kelamin L/P
7. Tempat, Tgl lahir : .....................................
8. Pendidikan Terakhir S1
9. Akta Mengajar Memiliki/Tidak Memiliki *)
10. Sekolah Tempat Tugas
a. Nama Sekolah SMK YPB SUKATANI
b. Alamat Sekolah Jl. Raya Sukatani KM 10
SUKATANI – PURWAKARTA 41167
c. Kecamatan SUKATANI
d. Kabupaten PURWAKARTA
e. Provinsi JAWA BARAT
f. No. Telp. Sekolah 0264 271481
g. Alamat e-mail smkypb@yahoo.com

h. Nomor Statistik Sekolah 324022011007
11. Mata Pelajaran / Guru Kelas Teknik Pemesinan
12. Beban Mengajar Per Minggu 40 jam


LEMBAR PENILAIAN


Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik

No. Aspek yang dinilai Skor
1. Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut, misal: orang muslim rajin menjalankan sholat, orang kristiani rajin ke gereja, dll) 1 2 3 4 5
2. Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misalnya : melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai jadwal) 1 2 3 4 5
3. Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misalnya: ijin tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya) 1 2 3 4 5
4. Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, misalnya mulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal) 1 2 3 4 5
5. Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain, misal: menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian dll) 1 2 3 4 5
6. Etos Kerja ( komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal yang memiliki etos kerja yang tinggi, bersemangat melaksanakan dan mentaati kaidah-kaidah dalam tugas) 1 2 3 4 5
7. Inovasi dan Kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaan di kelas 1 2 3 4 5
8. Kemampuan menerima kritik dan saran ( perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain 1 2 3 4 5
9. Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran, misal : dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat 1 2 3 4 5
10. Kemampuan bekerjasama 1 2 3 4 5
Total Skor
Dengan ini saya nyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai denngan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.


Kepala Dinas Pendidikan Kab. Purwakarta





Ir. Drs. NANAN NAZMUL M
NIP/NIK 131 106 930
Purwakarta, 31 Mei 2008
Pengawas,





Drs. BAMBANG SISWANDONO
NIP/NIK 131 862 194

Tidak ada komentar:

Posting Komentar