Selasa, 30 Oktober 2012

Perawatan Rutin Accord Prestige 88 (Maintenance Revair)

Maintenance atau perawatan merupakan suatu kegiatan yang perlu di lakukan sebagai upaya untuk memaksimalkan sistem operasional suatu peralatan supaya bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Upaya-upaya yang dilakukan antara lain: Preventive maintnance, corrective maintenance, dan Perbaikan (overhaoul).
Pada kendaraan penumpang sekelas sedan, seperti Accord prestige tahun 1988, diperlukan extra hati-hati baik pemilihan partnya maupun pemasangannya. Hal ini kemungkinan kalau terjadi malpraktek bisa mengurangi performa kendaraan secara keseluruhan.
Ssistem-sistem pada kendaraan yang perlu perhatian adalah sebagai berikut:
1. Sistem Engine (dapur pacu)
2. Sistem Kelistrikan Body ( Sistem Penerangan)
3. Sistem Pengapian (ignition system)
4. Sistem Starter
5. Sistem Pengisian (Charging system)
6. Sistem Pelumasan
7. Sistem Bahan Bakar
8. Sistem Pendinginan
9. Sistem Air Conditioning (AC)
10. Sistem Audio dan Video
11. Sistem Wifer
12. Sistem Pemindah tenaga (Kopling/Clutch)
13. Sistem Transmisi
14. Sistem Chasis dan Rem
dan lain-lain.
Perawatan yang serba komplek, apalagi kendaraan yang sudah lama memerlukan kepekaan dan kehalian serta ketelitian dalam perawatannya.
1. Sistem Engine (perawatan mesin)
Performa mesin sebagai dapur pacu perlu perhatian khusus, terutama pada komponen-komponen utama engine; engkol (crank shaft), Fly wheel, Conecting roda, piston, Ring, Cam shaft, katup dan mekanisme katup, timing belt, dan lain-lain.

2. Sistem kelistrikan Body atau penerangan
Fungsinya sebagai keperluan untuk penerangan kendaraan terutama di malam hari, walaupun ada sebagian penerangan yang dipelukan di siang hari sebagai tanda atau isyarat pengendara bagi pengendara lain.
Penerangan secara umum di bagi menjadi 2 kategori :
a. Penerangan Luar
b. Penerangan Dalam
Contoh untuk penerangan luar; Lampu kepala jauh dan dekat, lampu rem, lampu mundur, lampu Hazard (bahaya), lampu plat nomor, lampu tanda belok, lampu jarak (kota), lampu kabut (fog lamp) dll.
Lampu jauh setelan standarnya mempunyai jarak terang 100 m dan lampu dekat 40 m, lampu tanda belok yang normal berkedip 30 - 60 kedip/ menit.
Penerangan Dalam ; lampu dom/ ruangan, lampu2 indikator atau penunjuk meter.

3. Sistem Pengapian (Ignition system)
Pada motor bakar bensin baik yang 4 langkah maupun 2 langkah diperlukan siklus pembakaran dengan bantuan sistem pangpian. Sistem pengapian ada yang Konvensional juga sistem CDI atau transistor dan lain-lain. Komponen utamanya antara lain:
a. Switch (kunci kontak)
b. Batere (sumber Arus)
c. Coil (menaikkan tegangan)
d. Pemutus arus (kontak platina atau CDI)
e. Distributor
f. Kabel Busi
g. Busi
4. Sistem Starter
Berfungsi untuk menyalakan permulaan mesin, komponen sistem starter antara lain ; kunci kontak, Fuse, batere, motor starter.
Jenis motor starter ; jenis konvensional, jenis reduksi.
Bagian utama motor starter :
a. Yoke/Field coil/Pule core (stator)
b. Armatur coil (rotor)
c. Comutator
d. Brush holder
e. Magnetic swicth (terminal 30, C dan 50)
f. Drive lever
g. Starter clucth
h. Sleeve spline
i. Pinion gear
j. brush/sikat
Rangkaian sistem starter; dengan relay dan tanpa relay.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar